Selamat Datang di Website Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Disini anda mendapat berbagai informasi pendidikan, jangan lupa tuliskan komentar positif untuk membantu kami malakukan update informasi. Terimakasih

Pelaksanaan PPDB MAN Alor TP. 2023/2024 - Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Header Ads

Header ADS

Pelaksanaan PPDB MAN Alor TP. 2023/2024


| PPDB MAN Alor TP. 2023/2024 | 
Memasuki tahun pelajaran baru setiap lembaga pendidikan mulai disibukan dengan kegiatan Persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Rutinitas ini pun dilakukan oleh Madrasah Aliyah Negeri Alor pada Tahun Pelajaran 2023/2024 ini.

Rapat Pembentukan Panitia PPDB MAN Alor TP. 2023/2024 yang dipimpin oleh Kepala Madrasah, Hadi Kammis, SH, berlangsung pada Sabtu (1/4/2023). Pada rapat tersebut terbentuk Panitia Inti PPDB 2023/2024 dengan komposisi Moh. Farhan Apetatu, S.Si sebagai Ketua Panitia dan Nurdin Djasintang sebagai Sekretaris Panitia.

Dalam arahannya Kepala Madrasah memberikan tanggungjawab penuh kepada Ketua dan Sekretaris terpilih untuk membentuk susunan kepanitiaannya sesuai kebutuhan dengan mengacu pada Petunjuk Teknis PPDB yang telah diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor 181 Tahun 2023 Tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024.

Terdapat lima prinsip utama yang harus diperhatikan Madrasah dalam pelaksanaan PPDB, yaitu:
  1. Objektifitas, yaitu PPDB haru mengacu pada etentuan yang telah ditetapkan pemerintah;
  2. Transparansi, yaitu PPDB bersifat terbuka yang diketahui oleh masyarakat dan orang tua sehingga tidak terjadi penyimpangan.
  3. Akuntabilitas, yaitu PPDB dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.
  4. Berkeadilan, PPDB menjunjung tinggi nilai keadilan sesuai kondisi yang berlaku tanpa membedakan suku, ras, golongan dan status sosial ekonomi masyarakat.
  5. Kompetitif, yaitu PPDB dilakukan melalui seleksi kompetensi yang diisyaratkan oleh satuan pendidikan.
Pada sesi diskusi Ketua Panitia, Farhan, menyampaikan beberapa konsep PPDB MAN Alor Tahun Pelajaran 2023/2024 ini. 

Pelaksanaan PPDB MAN Alor TP. 2023/2024 dilakukan dalam 6 tahapan, yaitu 1) sosialisasi, 2) Pendaftaran, 3) seleksi berkas dan tes akademik, 4) pengumuman hasil seleksai, 5) daftar ulang, dan 6) Matsama.

Sosialisasi

Sosialisasi PPDB MAN Alor TP. 2023/2024 dilaksanakan di enam lokasi SMP/MTs di wilayah Kota Kalabahi, yaitu MTs Negeri 1 Alor, SMPN 1 Kalabahi, SMPN 3 Kalabahi, SMPN Islam Cokroaminoto Kalabahi, SMP Negeri Kenaring dan SMPN 2 Kalabahi.


Selain itu sosialisasi pun dilakukan melalui Masjid dan Musholla pada momen kegiatan safari romadhan yang dilakukan oleh guru-guru MAN Alor dan juga melalui Website serta Media Sosial Madrasah.

Pendaftaran, Seleksi dan Matsama

Pendaftaran PPDB dilaksanakan melalui dua jalur pendaftaran yaitu Jalur Prestasi dan jalur Mandiri.

Pendaftaran Jalur Prestasi
Pendaftaran dibuka sejak tanggal 2 Mei sd. 24 Juni 2023 dengan agenda kegiatan sebagai berikut:

Pendaftaran Jalur Umum
Pendaftaran dibuka sejak tanggal 15 Mei sd. 24 Juni 2023 


Persyaratan:
  1. Fotocopy Surat Keterangan Lulus atau Surat Keterangan Telah Mengikuti Ujian Akhir
  2. Fotocopy kartu Keluarga dan Akte Kelahiran masing-masing 2 lembar
  3. Fotocopy Kartu Indonesia Pintar (KIP) 2 lembar jika ada,  
  4. Fotocopy Sertfikat Prestasi pada bidang Olimpiade KSM dan OSN serta tahfidz Quran 3 Juz.
  5. Mengisi Surat Pernyataan

Program Unggulan
Pada Tahun Pelajaran 2023/2024 MAN Alor menawarkan tiga program unggulan Madrasah yaitu Pembinaan Kader Dai Madrasah, Robotika dan Multimedia serta Tatabusana (menjahit dan merajut). Program ini bertujuan untuk membekali peserta didik dengan Ilmu Akhlak dan Keterampilan dalam menghadapi persaingan global yang semakin kompetitif. 

Untuk memperoleh informasi lengkap tentang prosedur dan teknis PPDB MAN Alor silahkan download Brosur PPDB MAN Alor TP. 2023/2024 pada link di bawah ini.
    


Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Diberdayakan oleh Blogger.