Selamat Datang di Website Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Disini anda mendapat berbagai informasi pendidikan, jangan lupa tuliskan komentar positif untuk membantu kami malakukan update informasi. Terimakasih

Kakan Kemenag Alor Lepas Enam Siswa MAN Alor pada Lomba Madrasah Fest dan DMI Ke Tingkat Nasional - Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Header Ads

Header ADS

Kakan Kemenag Alor Lepas Enam Siswa MAN Alor pada Lomba Madrasah Fest dan DMI Ke Tingkat Nasional

 

Pelepasan Tim Madrasah Fest dan DMI
MAN Alor ke Tk. Nasional
Info Madrasah - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Alor, H. Awaluddin Husain, S.Ag melepas siswa berprestasi MAN Alor untuk mengikuti perlombaan Madrasah Fest dan Duta Maritim Indonesia Tingkat Nasional pada Sabtu (05/08/2023) bertempat di pelataran Koperasi madrasah.

pelepasan ini dihadiri oleh Enam peserta didik yang akan mewakili Provinsi NTT dalam lomba Madrasah Fest dan Duta Maritim Indonesia adalah:

  1. Aulia Azizah P. Pure, Bidang Lomba Calligraphy Fest
  2. Siti Jahdiah dan Sumiyati Mau, Bidang Lomba Student Chef
  3. Safiq Syaifullah Mila Making dan Alifah Jalikah Hasyim, Bidang Lomba Reciting Holy Qur’an
  4. Maulaya Shalwaa Kia, Bidang Lomba Delegasi Duta Maritim Indonesia Wilayah NTT

Turut hadir dalam kegiatan pelepasan tersebut Ketua Komite MAN Alor, Drs. H. Arsyad Badu, Kepala Seksi Pendidikan Islam Kemenag Kab. Alor, Drs Mansur B. Samah, M.Pd, para orang tua/wali peserta didik, para pembimbing dan guru pegawai MAN Alor.

Acara pelepasan diawali dengan sambutan Kepala MAN Alor, Hadi Abdul Aziz Kammis, S.H. Dalam sambutannya, Hadi mengatakan, keenam anak yang mengikuti perlombaan ini adalah bagian dari anak-anak terbaik di madrasah, dan ini menjadi langkah awal madrasah untuk terus berkembang di tahun-tahun berikut dalam mengikuti setiap ajang perlombaan.

“Kita doakan semoga anak-anak kita yang mengikuti perlombaan ini sehat dan sukses. Untuk diketahui Bapak dan Ibu sekalian bahwa kegiatan Madrasah Fest dibina oleh mitra madrasah yakni Pondok Pesantren Cijantung 7 Kalabahi. Sedangkan untuk Duta Maritim dibina sendiri oleh guru di madrasah ini, Mr. Sumardin Kemang dan Mr. Rizaldi Nampira. Kemudian nanti dalam bulan oktober ini, kita juga akan mengikuti lomba robotik nasional. Oleh karenanya itu, mari kita bergandeng tangan bersama untuk mengharumkan dan menjaga nama baik madrasah ini,” ujar Hadi.

Ketua Komite MAN Alor, Drs. H. Arsyad Badu yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa anak-anak yang mengikuti ajang perlombaan tingkat nasional nanti adalah anak-anak terpilih yang tidak saja memiliki ilmu agama yang baik, tetapi juga ilmu bahasa dan keterampilan diri lainnya. Untuk itu, dari komite akan memberikan dukungan penuh kepada anak-anak ini dalam bentuk sokongan dana.

“Biaya perjalanan anak-anak dari Alor sampai ke Jakarta akan kami fasilitasi. Begitu pun biaya kepulangannya. Jadi anak-anak tidak perlu khawatir soal dana karena kalian anak-anak pilihan yang terbaik di madrasah ini dan kami akan siap mendukung,” kata Arsyad.

Drs. H. Arsyad Badu menambahkan, ajang perlombaan tingkat nasional ini adalah ajang mengukur sejauh mana kompetensi kalian di kancah nasional. Kompetisi yang kalian ikuti ini juga mewakili kepentingan para guru dan orang  tua, dan sudah tentu ini menjadi kebanggaan bersama. Semoga kalian menjadi manusia yang berguna bagi agama, bangsa, dan negara kelak.

“Akhirnya, tuntutlah ilmu setinggi-tingginya sehingga menjadi generasi penerus yang baik. Selamat bertanding, sekali lagi, biaya tidak usah dipikirkan karena kepala madrasah akan membiayai. Kalian fokus saja di perlombaan dan semoga bisa meraih gelar juara,” tutup Arsyad.

Baca Juga: Sambangi MAN Alor, Kabag TU Kanwil Kemenag NTT Beri Arahan dan Motivasi Pada Para Guru

Pada sambutan pelepasan, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Alor, H. Awaluddin Husain, S.Ag mengatakan bahwa anak-anak yang mengikuti kejuaraan Madrasah Fest dan Duta Maritim Indonesia tahun ini semoga perjalanan mereka ke Jakarta nanti selalu dalam naungan rida Allah SWT.

“Terima kasih kepada madrasah yang telah mendidik anak-anak ini menjadi siswa berprestasi. Ini kebanggaan luar biasa dan membuktikan bahwa madrasah di Alor ini menjadi guru madrasah di NTT,” ujar Kepala Kemenag Alor.

Sebelum melakukan prosesi pelepasan para siswa secara resmi, H. Awaluddin Husain, S.Ag memberikan beberapa catatan kepada para siswa.

Pertama,  H. Awaluddin Husain, S.Ag menjelaskan tentang pentingnya menjaga identitas diri sebagai orang Alor. Kepala Kemenag Kabupaten Alor ini mengatakan, disamping para siswa harus mampu menunjukkan kemampuan diri, mereka juga harus mampu mempertahankan jati diri mereka sebagai orang Alor.

“Kalian boleh bersaing dalam memperebutkan siapa yang terbaik dalam perlombaan, tapi jangan lupa identitas kita sebagai orang Alor. Tunjukkan kepada peserta wilayah lain bahwa inilah kita orang Alor dengan sikap paguyuban yang saling mengasihi dan mengingatkan ketika ada sebuah kesalahan,” ucap Awaluddin.

Kedua, H. Awaluddin Husain, S.Ag menjelaskan tentang pengembangan diri para siswa yang harus terus digenjot. Kepala Kemenag Kabupaten Alor ini mengatakan, pembelajaran di lingkup sekolah saja tidak cukup dalam mengembangkan diri menjadi pribadi yang berkualitas.

“Tidak cukup belajar di kelas, upaya pengembangan diri harus terus digenjot di kegiatan intra maupun ekstra madrasah. Pengembangan diri merupakan jembatan dalam menapaki masa depan yang cerah anak-anakku sekalian,” pungkas Awaluddin.

H. Awaluddin Husain, S.Ag  menambahkan, persoalan juara itu hal yang kesekian anak-anakku, intinya tampilkan diri kalian sebagai yang terbaik. Belum juara maka evaluasi diri untuk menjadi lebih baik ke depan.

Diakhir sambutannya, H. Awaluddin Husain, S.Ag  mengingatkan tentang pentingnya membina generasi unggul penerus bangsa ke depan.

“Kolaborasi madrasah dengan wali murid dan lingkungan pendidikan haruslah satu irama dan satu tujuan dalam membina generasi unggul bangsa. Akhirnya, saya melepas kepergian anak-anakku sekalian secara resmi untuk mengikuti perlombaan tingkat nasional ini. Saya tidak mendoakan anak-anak menjadi juara tapi beri yang terbaik dan tunjukkan kualitas diri kalian,” tutup Awaluddin.

Baca Juga: MAN Alor Beri Penghargaan Siswa Berprestasi KSM, OSN, dan MYRES

Kegiatan pelepasan siswa berprestasi MAN Alor untuk mengikuti perlombaan Madrasah Fest dan Duta Maritim Indonesia Tingkat Nasional tahun 2023 yang bertempat di ruang koperasi MAN Alor ini juga dihadiri oleh Drs. Mansur Bakri Samah, Kepala Seksi Pendidikan Islam Kemenag Alor dan para orang tua siswa.

Sebagai informasi, babak final Madrasah Fest akan dilaksanakan secara luring pada 10-12 Agustus 2023 mendatang dan puncak kegiatannya pada 13 Agustus 2023. Sementara Duta Maritim Indonesia  dilaksanakan pada 12-17 Agustus 2023. Kedua kegiatan ini akan dihelat di ibu kota negara, yakni Jakarta.



Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Diberdayakan oleh Blogger.