Selamat Datang di Website Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Disini anda mendapat berbagai informasi pendidikan, jangan lupa tuliskan komentar positif untuk membantu kami malakukan update informasi. Terimakasih

Kuis PPKn X - Ancaman Terhadap NKRI - Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Header Ads

Header ADS

Kuis PPKn X - Ancaman Terhadap NKRI

 - Kuis PPKn - 
Secara geografis posisi negara Indonesia yang berada ditengah-tengah dunia dilewati garis khatulistiwa, diapit oleh dua benua yaitu Asia dan Australia,serta berada diantara  dua samudera  yaitu  Samudera  Hindia  dan  Pasifik. Kondisi  tersebut menunjukkan bahwa wilayah Indonesia berada pada posisi silang sangat sangat strategis.

Posisi tersebut dapat menjadi sebuah potensi sekaligus ancaman bagi integrasi nasional bangsa Indonesia. Potensi karena akan memberikan dampak positif bagi kemajuan bangsa Indonesia dan ancaman yang dapat memecah belah bangsa Indonesia.

Ancaman terhadap integrasi nasional dapat berupa ancaman militer dan non-militer. Ancaman militer adalah ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata dan terorganisasi yang dinilai mempunyai kemampuan membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa. Ancaman militer dapat berupa agresi/invasi, pelanggaran wilayah, pemberontakan bersenjata, sabotase, spionase, aksi teror bersenjata, dan ancaman keamanan laut dan udara.

Ancaman non-militer pada hakikatnya ancaman yang menggunakan faktor- faktor nonmiliter dinilai mempunyai kemampuan yang membahayakan kedaulatan negara, kepribadian bangsa, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa.

Ancaman ini salah satunya disebabkan oleh pengaruh negatif dari globalisasi. Globalisasi yang menghilangkan sekat atau batas pergaulan antar bangsa secara disadari ataupun tidak telah memberikan dampak negatif yang kemudian menjadi ancaman bagi keutuhan sebuah negara, termasuk Indonesia. Ancaman non-militer diantaranya dapat berdimensi ideologi, politik, ekonomi dan sosial budaya.

Setelah membaca materi singkat di atas silahkan asah kemampuan kalian dengan menjawab kuis TTS pada link di bawah ini.

Kuis PPKn
Kuis PPKn - Glosarium Ancaman Terhadap NKRI

Baca Juga

Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Diberdayakan oleh Blogger.