Selamat Datang di Website Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Disini anda mendapat berbagai informasi pendidikan, jangan lupa tuliskan komentar positif untuk membantu kami malakukan update informasi. Terimakasih

Memilih Teman - Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Header Ads

Header ADS

Memilih Teman

 
| Memilih Tema
اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ. اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ اَرْسَلَ رَسُوْلَهٗ بِا لْهُدٰى وَدِيْنِ الْحَـقِّ لِيُظْهِرَهٗ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهٖ ۗ وَكَفٰى بِا للّٰهِ شَهِيْدًا .

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأشْهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُه،

 اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ. اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. 

قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ.

 إِنْ أَحْسَنتُمْ أَحْسَنتُمْ لِأَنفُسِكُمْ ۖ وَإِنْ أَسَأْتُمْ فَلَهَا ۚ


Pembaca yang berbahagia.

Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kita untuk senantiasa bertakwa kepadaNya. Dan Allah memerintahkan kita untuk menjaga ketakwaan kita dengan sungguh-sungguh. Allah berfirman :


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّـهَ حَقَّ تُقَاتِهِ

Wahai orang-orang yang beriman bertakwalah kalian kepada Allah dengan sebenar-benarnya takwa. (QS. Ali-Imran 102)


Banyak di antara manusia yang mendapatkan hidayah tetapi ada yang terjerumus ke dalam kemaksiatan dan kesesatan dikarenakan salah bergaul dengan teman temannya.

Di dalam sebuah hadis Rasullullah Shallallaahu alaihi wasalam menyebutkan tentang peranan dan dampak seorang teman dalam kehidupan seseorang :


مَثَلُ الْجَلِيْسِ الصَّالِحِ وَالْجَلِيْسِ السُّوْءِ كَمَثَلِ حَامِلِ الْمِسْكِ وَنَافِخِ الكِيْرِ، فَحَامِلِ الْمِسْكِ إِمَّا أَنْ يُحْذِيْكَ أَوْ تُبْتَاعَ مِنْهُ أَوْ تَجِدُ رَائِحَةً طَيِّبَةً وَنَافِخُ الكِيْرِ إِمَّا أَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ أَوْ تَجِدُ مِنْهُ رَائِحَةً خَبِيْثَةً.

“Perumpamaan teman duduk yang baik dengan teman duduk yang jahat adalah seperti penjual minyak wangi dengan pandai besi. Adapun penjual minyak wangi tidak melewatkan kamu, baik engkau akan membelinya atau engkau tidak membelinya, engkau pasti akan mendapatkan baunya yang enak, sementara pandai besi ia akan membakar bujumu atau engkau akan mendapatkan baunya yang tidak enak.” (Muttafaqun ‘Alaih).


Pembaca yang budiman.

Marilah kita simak tentang pengaruh teman duduk kesehariannya yang dapat membuahkan hasil seseorang berkarakter seperti temannya.


Orang-orang bijak (ahli hikmah) berpitutur memberikan nasehat sebagai berikut :


مَنْ جَلَسَ مَعَ ثَمَانِيَةِ أَصْنَافٍ مِنَ النَّاسِ، زَادَهُ اللَّهُ ثَمَانِيَةَ أَشْيَاءَ

Barang siapa yang sering duduk bersama delapan orang kelompok manusia, Allah akan menambahinya delapan perkara :


 ١- مَنْ جَلَسَ مَعَ الْأَغْنِيَاءِ، زَادَهُ اللَّهُ حُبَّ الدُّنْيَا وَالرَّغْبَةَ فِيهَا،

1. Barangsiapa yang duduk bersama orang-orang kaya, Allah akan menambahi cinta kepada dunia dan semangat untuk mendapatkan dunia.


 ٢- وَمَنْ جَلَسَ مَعَ الْفُقَرَاءِ، زَادَهُ اللَّهُ الشُّكْرَ وَالرِّضَا بِقِسْمَةِ اللَّهِ تَعَالَى،

2. Barangsiapa yang duduk bersama orang-orang miskin, Allah akan menambahi perasaan syukur dan ridho atas pemberian Allah.


٣- وَمَنْ جَلَسَ مَعَ السُّلْطَانِ، زَادَهُ اللَّهُ الْكِبْرَ، وَقَسَاوَةَ الْقَلْبِ،

3. Barangsiapa yang duduk dengan para pemimpin/raja, Allah akan menambahi perasaan sombong dan kerasnya hati.


٤- وَمَنْ جَلَسَ مَعَ النِّسَاءِ، زَادَهُ اللَّهُ الْجَهْلَ، وَالشَّهْوَةَ، وَالْمَيْلَ إِلَى عُقُولِهِنَّ،

4. Barangsiapa yang duduk dengan perempuan, Allah akan menambahi kebodohan, syahwat dan condong kepada akalnya.


٥- وَمَنْ جَلَسَ مَعَ الصِّبْيَانِ، زَادَهُ اللَّهُ اللَّهْوَ وَالْمِزَاحَ،

5.  Barangsiapa yang duduk dengan anak-anak kecil, Allah akan menambahi lalai dan sendau gurau.


 ٦- وَمَنْ جَلَسَ مَعَ الْفُسَّاقِ، زَادَهُ اللَّهُ الْجُرْأَةَ عَلَى الذُّنُوبِ، وَالْمَعَاصِيَ وَالْإِقْدَامَ عَلَيْهَا، وَالتَّسْوِيفَ فِي التَّوْبَةِ،

6. Barangsiapa yang duduk dengan orang-orang fasik, Allah akan menambahi berani berbuat dosa dan kemaksiatan serta mendorongkan diri untuk berbuat maksiat kemudian menunda-nunda akan taubat.


٧- وَمَنْ جَلَسَ مَعَ الصَّالِحِينَ، زَادَهُ اللَّهُ الرَّغْبَةَ فِي الطَّاعَاتِ وَاجْتِنَابَ الْمَحَارِمَ،

7. Barangsiapa yang duduk dengan orang-orang sholeh, Allah akan menambah perasaan cinta kepada amalan-amalan ketaatan dan menjauhi hal-hal yang dilarang.


٨- وَمَنْ جَلَسَ مَعَ الْعُلَمَاءِ، زَادَهُ اللَّهُ الْعِلْمَ وَالْوَرَعَ.

8. Barangsiapa yang duduk dengan para ulama', Allah akan menambahkan ilmu dan penjagaan diri dari hal-hal yang dilarang.


Pembaca yang berbahagia.

Marilah kita berupaya untuk selalu berteman dan bergaul dengan orang-orang yang shalih dan bertakwa, karena dengan itulah kita akan mampu menjaga agama kita. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: 


لَا تُصَاحِبْ إِلَّا مُؤْمِناً وَلَا يَأْكُلْ طَعَامَكَ إِلَّا تَقِيٌّ (رواه ابن حبان) 

Artinya: Yang lebih utama untuk dijadikan teman adalah orang mukmin dan yang lebih utama untuk memakan makananmu adalah orang yang bertaqwa” (HR Ibnu Hibban).


Apabila kita memiliki teman-teman yang berperilaku buruk dan hobi melakukan maksiat, maka kita niatkan ketika bergaul dengan mereka untuk menuntun mereka ke jalan yang benar. Bukan malah kita hanyut mengikuti apa yang mereka lakukan. Akan tetapi jika kita merasa tidak mampu untuk mengentaskan mereka dari perilaku buruk yang mereka lakukan dan kita khawatir terpengaruh, maka segera kita tinggalkan mereka dan mencari teman-teman yang baik. Insyaallah masih banyak orang-orang baik di sekitar kita yang layak kita jadikan teman. 

Demikian materi singkat ini, mudah-mudahan bermanfaat.


بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي القُرْأنِ العَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَاِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْاَ يَاتِ وَ ذِكْرِالحَكِيْمِ وَ تَقَبَّلَ اللهُ مِنِّي وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ اِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمِ




Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Diberdayakan oleh Blogger.