Selamat Datang di Website Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Disini anda mendapat berbagai informasi pendidikan, jangan lupa tuliskan komentar positif untuk membantu kami malakukan update informasi. Terimakasih

Model Pembelajaran Langsung - Explicit Intructions Learning - Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Header Ads

Header ADS

Model Pembelajaran Langsung - Explicit Intructions Learning

Explicit Intructions Learning
Model Pembelajaran Langsung merupakan sebuah model pembelajaran saintifik yang bersifat Teacher Centered (berpusat pada guru). Saat melaksanakan model pembelajaran ini, guru harus mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan yang akan dilatihkan kepada siswa, selangkah demi selangkah. Guru sebagai pusat perhatian memiliki peran yang sangat dominan. Karena itu, pada direct instruction, guru harus bisa menjadi model yang menarik bagi siswa.  

Terdapat lima alur kegiatan dalam penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) yaitu.


Baca juga: Model-model Pembelajaran

Bila guru ingin menerapkan model pembelajaran langsung (direct instruction), maka guru terlebih dahulu harus melakukan perencanaan yang matang. Setiap detil keterampilan yang diajarkan harus diidentifikasi secara seksama dan teliti, begitupun langkah-langkah dan penjadwalan demonstrasi dan pelatihan. Lingkungan belajar, menuntut peserta didik yang aktif belajar baik secara fisik maupun mental.

Pembelajaran langsung tidak akan berhasil jika hanya guru yang aktif. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru harus menjamin terjadinya keterlibatan peserta didik, terutama memperhatikan saat-saat demonstrasi dilakukan oleh guru, memberikan kesempatan resitasi (tanya jawab) untuk klarifikasi dan penguatan. Sistem pengelolaan dan lingkungan belajar yang sesuai akan mendorong implementasi pembelajaran langsung yang dilakukan oleh guru dapat sukses.

Bacaan terkait:

Model Pembelajaran ADDIE

Model Pembelajaran Discovery

Model Pembelajaran Problem Based Learning

Model Pembelajaran Doscovery Learning

Model Pembelajaran PjBL


Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Diberdayakan oleh Blogger.