Selamat Datang di Website Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Disini anda mendapat berbagai informasi pendidikan, jangan lupa tuliskan komentar positif untuk membantu kami malakukan update informasi. Terimakasih

Teknik Penilaian Keterampilan Proyek - Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Header Ads

Header ADS

Teknik Penilaian Keterampilan Proyek

| Penilaian Proyek |
Penilaian proyek adalah 
penilaian yang dilakukan terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode atau jangka waktu tertentu. Tugas tersebut berupa suatu bentuk investigasi atau penyelidikan.

Proyek adalah tugas-tugas belajar (learning tasks) yang meliputi kegiatan perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan secara tertulis dalam waktu tertentu. 

Dalam penilaian proyek setidaknya ada 4 (empat) hal yang perlu diperhatikan:

  1. Pengelolaan yaitu kemampuan peserta didik dalam memilih topik,  mencari informasi dan mengelola waktu pengumpulan data serta penulisan laporan.
  2. Relevansi yaitu kesesuaian dengan kompetensi yang akan dicapai dengan mempertimbangkan tahap perkembangan peserta didik.  
  3. Keaslian yaitu proyek yang dilakukan peserta didik harus merupakan hasil karyanya sendiri dengan bimbingan pendidik dan dukungan berbagai pihak yang terkait.  
  4. Inovasi dan Kreatifitas yaitu proyek yang dilakukan peserta didik terdapat unsur-unsur baru (kekinian) dan sesuatu yang unik, berbeda dari biasanya. 

Contoh Penilaian Proyek

Mata Pelajaran     : Akidah Akhlak
Kelas/Semester    : X / 1
Tahun Pelajaran   : 2022/2023
Peminatan            : IPA 

Kompetensi Dasar:

4.1. Mewujudkan keputusan bersama sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan negara

Indikator Pencapaian Kompetensi: 

Peserta didik dapat menyajikan laporan kegiatan obsevasi dan wawancara terkait Pancasila sebagai Ideologi Negara. 

Rumusan tugas:

Lakukan observasi dan wawancara dengan tiga kelompok masyarakat, tokoh agama (kyai, ustadz, imam masjid dan Pendeta), toko pemerintah (Bupati, DPRD dan Penegak Hukum) serta masyarakat umum yang ada di lingkungan anda, tentang kedudukan pancasila sebagai ideologi Negara. Tuliskan rencana observasi dan wawancara, lakukan sesuai dengan jadwal yang dibuat, dan susunlah laporannya. Dalam membuat laporan perhatikan latar belakang, perumusan masalah, pembahasan masalah, kesimpulan dan foto-foto yang mendukung! 


Baca Juga:

Untuk mengetahui apakah penilaian proyek di atas sudah berkualitas baik, maka paling tidak harus diperhatikan kriteria-kriteria di bawah ini. 

  1. Mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan (skill)
  2. Sering digunakan dengan metode cooperative learning dan model pembelajaran Project Based Learning
  3. Dapat diterapkan untuk individu maupun kelompok
Demikian gambaran singkat tentang teknik penilaian keterampilan proyek, semoga bermanfaat.

Contoh laporan penilaian proyek peserta didik dapat dilihat pada link di bawah ini.

Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Diberdayakan oleh Blogger.