Selamat Datang di Website Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Disini anda mendapat berbagai informasi pendidikan, jangan lupa tuliskan komentar positif untuk membantu kami malakukan update informasi. Terimakasih

Prinsip Pemanfaatan Teknologi Pendidikan - Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Header Ads

Header ADS

Prinsip Pemanfaatan Teknologi Pendidikan

Pemanfaatan Teknologi Pendidikan 
Salah satu fungsi teknologi pendidikan untuk memecahkan masalah pembelajaran yang dihadapi guru dan peserta didik, sehingga terjadi peningkatan mutu pembelajaran. Namun penggunaan media teknologi dalam kegiatan pembelajaran bukan merupakan hal mudah bagi sebagian guru. Keterbatasan sumber daya dalam menganalisis, merancang dan menggunakan media teknologi merupakan kendala utama yang dihadapi guru dalam menggunakan perangkat teknologi tersebut. 

Berkaitan dengan uraian di atas maka Sukiman (2012:5) mengemukakan tiga prinsip dasar yang harus diperhatikan guru dalam mengembangkan dan menggunakan teknologi pendidikan/ pembelajaran, yaitu:

1)  Berorientasi pada peserta didik (Learner Oriented)

Pemanfaatan teknologi pendidikan dalam memecahkan masalah pembelajaran harus menitikberatkan pada siswa. Teknologi pendidikan memandang bahwa siswa adalah subjek dalam kegiatan pendidikan. Prinsip ini menyatakan bahwa dalam setiap proses pendidikan, peserta didik hendaknya bertindak sebagai pihak yang aktif. Guru harus menjadikan peserta didik aktif dengan memberikan berbagai fasilitas belajar.

 

2)  Menggunakan pendekatan sistem

Setiap usaha pemecahan masalah yang dilakukan dengan menggunakan teknologi pendidikan harus didasari dengan penerapan pendekatan sistem. Masalah pembelajaran lahir dari sebuah sistem, sehingga penanganannya pun harus memperhatikan seluruh komponen secara integratif.

 

3)  Pemanfaatan sumber belajar secara luas dan maksimal

Pengembangan pembelajaran berbasis Teknologi harus diwujudkan dalam berbagai bentuk (Learning Resources) baik khusus dirancang untuk tujuan pembelajaran (by design) maupun tujuan lainnya namun dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pembelajaran (by utilization). (Karti Soeharto, dkk., 1995:9-10)

 

Baca : Manfaat Media Pembelajaran

 




 

Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Diberdayakan oleh Blogger.