Selamat Datang di Website Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Disini anda mendapat berbagai informasi pendidikan, jangan lupa tuliskan komentar positif untuk membantu kami malakukan update informasi. Terimakasih

Pengertian Bimbingan Karir - Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Header Ads

Header ADS

Pengertian Bimbingan Karir

 Dok. MAN 2 Alor 
Bimbingan dan konseling mengenal empat bidang pelayanan yang harus diberikan kepada siswa yaitu; 1) bimbingan pembelajaran, 2) bimbingan pribadi, 3) bimbingan sosial dan 4) bimbingan karir.

Bimbingan menurut James (1997) adalah pertolongan yang diberikan oleh seorang individu untuk menolong individu lain dalam membuat keputusan ke arah yang dituju, dan mencapai tujuannya dengan cara yang paling baik. 

Sedangkan Murray (1983) mendefinisikan karir sebagai suatu rentangan aktivitas pekerjaan yang saling berhubungan, dalam hal ini seseorang memajukan kehidupannya dengan melibatkan berbagai perilaku, kemampuan, sikap, kebutuhan, aspirasi, cita-cita sebagai satu rentang hidupnya sendiri (the span of one’s’ life).

Definisi di atas menggambarkan karier sebagai sebuah rentangan aktivitas pekerjaan yang diakibatkan oleh adanya kekuatan inner person pada diri manusia. Perilaku yang tampak karena adanya kekuatan motivatif, kemampuan, sikap, kebutuhan, aspirasi, dan cita-cita sebagai modal dasar bagi karier individu. Itulah yang oleh Healy (1982) disebut sebagai kekuatan karir (power of career). Kekuatan karier ini akan tampak dalam pengguasaan sejumlah kompetensi (fisik, social, intelektual, spiritual) yang mendukung kesuksesan individu dalam karirnya.

Pada hakekatnya bimbingan karir merupakan salah satu upaya pendidikan melalui pendekatan pribadi dalam membantu individu untuk mencapai kompetisi yang diperlukan dalam menghadapi masalah-masalah karir.


Baca Juga:

Upacara Bendera Sarana Membangun Karakter Peserta Didik

Tujuan dan Fungsi Bimbingan Belajar

Aspek--aspek Pemahaman Individu

 

Berikut disajikan beberapa pendapat ahli tentang definisi bimbingan karir, antara lain:

1.   Donald E. Super (Herr dan Cramer, 1984:6)

Bimbingan karir merupakan suatu proses membantu pribadi untuk mengembangkan penerimaan kesatuan dan gambaran diri serta peranannya dalam dunia kerja. Menurut definisi ini ada dua hal yang penting, yaitu pertama, proses membantu individu untuk memahami dan menerima diri sendiri, dan kedua, memahami dan menyesuaikan diri dalam dunia kerja.

 

2.   Conny Semiawan (1996:3)

Bimbigan karir merupakan pelayanan bantuan terhadap keseluruhan populasi dalam perwujudan hidupnya sebagai pernyataan bermakna daripada kualitas individualnya dalam keseimbangan interaksi dengan masyarakat dimana ia hidup yang terus menerus berubah.

 

3.   Rochman Natawidjaja (1980)

Bimbingan karir adalah proses membantu seseorang untuk mengerti dan menerima gambaran diri pribadinya dan dunia kerja diluar dirinya, mempertemukan gambaran diri dengan dunia kerja itu, dan pada akhirnya dapat memilih bidang pekerjaan; menyiapkan diri untuk bidang pekerjaan; memasuki dan membina karir dalam bidang pekerjaan tersebut tersebut.

 

4.   Yusuf (2010: 38)

Bimbingan karier yaitu bimbingan untuk membantu siswa dalam perencanaan, pengembangan dan pemecahan masalah-masalah karier, seperti: pemahaman kondisi dan kemampuan diri, pemahaman kondisi lingkungan, perencanaan dan pengembangan karier, penyesuaian pekerjaan, dan pemecahan masalah-masalah karier yang dihadapi. Dalam bidang bimbingan karier, membantu siswa merencanakan, dan mengembangkan masa depan karier.

Bimbingan karir juga merupakan layanan pemenuhan kebutuhan perkembangan individu sebagai bagian integral dari program pendidikan. Bimbingan karir terkait dengan perkembangan kemampuan kognitif, efektif, maupun keterampilan individu dalam mewujudkan konsep diri yang positif, memahami proses pengambilan keputusan, maupun perolehan pengetahuan dalam keterampilan yang akan membantu dirinya memasuki sistem kehidupan sosial budaya yang terus menerus berubah.

Dari beberapa pengertian bimbingan karir di atas, maka dapat dijelaskan bahwa konsep bimbingan karir mempunyai peran yang sangat strategis dalam membantu para siswa untuk memahami dirinya sendiri, dunia kerja, mengembangkan rencana dan kemampuan membuat keputusan yang bermakna bagi masa depannya sesuai dengan kemampuan, bakat, minat dan kepribadian serta faktor-faktor yang dapat mendukung kemajuan dirinya, seperti keluarga, sekolah dan masyarakat.

Demikian materi singkat tentang bimbingan karir yang dikuti dari beberapa buku sumber, semoga bermanfaat.




Referensi:
Masdudi, Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar, K-Media, Yogjakarta. 2017
Halim Purnomo, Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar. 2019


Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Diberdayakan oleh Blogger.